SPESIFIKASI TEKNIS PEKERJAAN PASANGAN BATA DAN PLESTERAN


PEKERJAAN PASANGAN DINDING BATA DAN PLESTERAN

 
1.     Yang termasuk lingkup pekerjaan Bangunan ini adalah :

·         Pasangan bata .

·         Pelesteran dinding bata + Kapuran .

·         Pelesteraan traasram/permukaan beton.

2.     Bahan yang dipakai adalah :

2.1. Bata merah bermutu baik, pembakaran sempurna, bebas dari cacat dan retak, minimum belah menjadi 2 bagian, produk lokal dan memenuhi persyaratan bahan-bahan PUBI 1970.

2.2. Pasir pasang harus bersih, tajam dan harus bebas lumpur tanah liat, kotoran organik dan bahan yang dapat merusak pasangan, untuk itu pasir yang akan digunakan terlebih dahulu diayak lewat ayakan dengan diameter lobang sebesar 10 mm.

2.3. Semen yang dipakai harus memenuhi persyaratan N.I 8 Type I menurut ASTM dan memenuhi S 400 standard Portland Cement.

3.   Pelaksanaan Pekerjaan

3.1. Pekerjaan pasangan dinding bata harus terkontrol waterpass baik arah vertikal maupun horizontal. Setiap 8 (delapan) baris bata harus dipasang angker besi terhadap kolom beton. Pelaksanaan pasangan dinding bata tidak boleh melebihi ketinggian 1 meter setiap hari.

3.2. Sebelum dinding dipelester harus dikamprot dulu dengan campuran 1 Pc : 3 Ps dengan ketebalan ± 3 mm untuk mendapatkan ikatan yang lebih baik. Kelembaban pelesteraan harus dijaga sehingga pengeringan bidang pelesteraan stabil dan kemudian diperhalus dengan acian semen.

3.3. Pasangan bata yang sudah selesai dipasang harus terus menerus dibasahi selama 14 hari.



3.4. Untuk finishing beton expose, sebelum diperhalus/aferking permukaan beton perlu dikasarkan/ dikemprot terlebih dahulu dengan campuran 1 Pc : 3 Ps dengan ketebalan lebih kurang 3 mm untuk mendapatkan ikatan yang lebih baik.

3.5. Seluruh pekerjaan pasangan dan pelesteraan yang tidak lurus, berombak dan retak-retak harus dibongkar dan diperbaiki, atas biaya pemborong.






Sumber ini didapat dari Klik Disini



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

5W+1H DALAM PERENCANAAN MANAJEMEN

SPESIFIKASI TEKNIS PENGERJAAN PLESTERAN DAN ACIAN